Kamis, 25 Februari 2010

7 Tendangan Bebas Cepat

Gol kedua yang dicetak Falcao untuk FC Porto ke gawang Arsenal pada pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions hari Kamis (18/02) kemarin mengundang banyak perdebatan mengenai keputusan wasit yang mengesahkan gol tersebut.

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger begitu murka terhadap Martin Hansson, wasit yang memimpin pertandingan itu, dan menganggapnya sebagai biang kerok kekalahan Arsenal karena keputusannya yang membiarkan pemain Porto melakukan tendangan bebas dengan cepat sebelum pemain Arsenal bersiap.

"Anda tidak bisa membiarkan para pemain bermain seperti itu," ujar Wenger pada ITV. "Anda tidak bisa mengantisipasi tendangan bebas tidak langsung dengan cara seperti itu. Wasit seharusnya memberi kami kesempatan untuk membentuk pagar betis."

Arsene Wenger, sebagai seorang fans, dan juga para pendukung The Gunner wajar saja marah dengan kejadian ini sebab Arsenal menderita kekalahan karena aturan "tidak jelas" yang disahkan Hansson tersebut. Namun hal berbeda dengan pelatihnya, Fabregas dengan jujur mengatakan bahwa ia juga akan melakukan tendangan bebas cepat jika mendapatkan kesempatan seperti itu. "Saya tentu akan melakukan hal yang sama" ujar pemain dihargai sebesar 50 juta Poundsterling ini.

7 Quick Free Kick yang pernah terjadi

Sebenarnya Quick Free Kicks atau tendangan bebas yang dilakukan dengan cepat sudah sering terjadi pada pertandingan-pertandingan sepakbola. Dan seperti biasa, perdebatan mengenai hal tersebut selalu menghiasi media-media setelahnya, meskipun akhirnya tidak mampu merubah hasil pertandingan yang sudah berlangsung. Berikut adalah kumpulan-kumpulan kejadian Quick Free Kicks yang pernah terjadi, ternyata sebelum menjadi korban peraturan ini Arsenal pernah melakukannya.

Ryan Giggs, Februari 2007
Wenger mungkin saat ini tengah marah besar, tapi itu tak sebanding dengan reaksi pemain Lille ketika tendangan bebas yang dilakukan Ryan Giggs dengan cepat menghasilkan gol bagi Manchester United. Pemain sayap Manchester United tersebut dengan cepat melakukan tendangan bebas melewati pertahanan Lille yang sia-sia sementara penjaga gawang sedang sibuk mengatur dinding untuk mengamankan gawang pada pertandingan vital Liga Champions yang dimenangkan oleh anak asuhan Alex Ferguson. Ketika permainan akan dimulai kembali, pemain Lille memilih meninggalkan lapangan untuk memprotes keputusan wasit tersebut.


Pemain Lille memprotes gol Ryan Giggs

Lihat cuplikan videonya di sini

Thierry Henry, Desember 2004
Arsenal sangat diuntungkan dengan gol yang dihasilkan dari tendangan bebas yang dilakukan dengan cepat oleh Thierry Henry saat kiper Chelsea, Petr Cech masih mengatur pagar betis. Wasit Graham Poll, yang saat ini telah pensiun, tetap mengesahkan gol tersebut meskipun mendapatkan protes keras dari pemain-pemain Chelsea, dan pertandingan tersebut berakhir dengan skor 2-2.

Lihat cuplikan videonya di sini

Thierry Henry, January 2004
Di musim sebelumnya pemain asal Prancis, Thierry Henry, ternyata juga pernah melakukan hal serupa. Arsenal mendapat hadiah tendangan bebas berjarak 20 meter dari gawang setelah Mellberg melakukan pelanggaran terhadap Patrick Vieira. Pagar betis pertahanan Aston Villa tidak menduga akan kemungkinan tendangan bebas akan dilakukan dengan cepat oleh Henry. Wasit Mark Halsey mengesahkan gol Henry yang bersarang di sudut gawang Thomas Sorensen.

Maynor Figueroa, Desember 2009
Gol Figueroa Ini mungkin akan terpilih menjadi yang terbaik musim ini. Bagaimana tidak, gol ini diciptakannya dari jarak 60 meter. Hal itu terjadi saat Figueroa mengambil tendangan bebas langsung dengan cepat sementara Thomas Sorensen terlanjur keluar sehingga tidak sempat untuk menjangkau bola.

Lihat cuplikan videonya di sini


David Beckham, mencetak gol dari jarak 30 meter

David Beckham, Agustus 2001
Sama seperti Wenger, Graeme Souness sangat marah di pinggir lapangan saat peristiwa ini terjadi. Setelah Dwight Yorke dijatuhkan pada jarak 30 meter dari gawang Blackburn, wasit meniup peluit dan pertahanan Blackburn mulai mengatur pagar betis. Tapi David Beckham tidak ingin menunggu lebih lama dan menendang bola melintasi Brad Friedel, yang masih berada jauh dari garis gawang dan tidak menyadari ancaman dari pemilik tendangan bebas terbaik dunia saat itu.

Lihat cuplikan videonya di sini


Gol yang membuka skor kemenangan 2-1 bagi Leeds

Ian Harte, Agustus 2001
Kerumunan penonton di Highbury tiba-tiba hening melihat upaya nakal dari Ian Harte. Leeds mendapatkan hadiah sebuah tendangan bebas di wilayah Arsenal setelah pelanggaran terhadap Mills. Saat David Seaman masih mengatur pagar betisnya, Harte menembakkan tendangan bebas melewati penjaga gawang Arsenal tersebut dan mengejutkan penonton. Gol tersebut membuka skor dalam kemenangan 2-1 bagi Leeds.

Jimmy Floyd Hasselbaink, Februari 2002
Pikiran cepat pemain depan Chelsea saat itu, Jimmy Floyd Hasselbaink membantu timnya mencatat kemenangan dalam derby London di Piala FA. Pemain Belanda itu melepaskan tendangan yang berhasil menjaringkan bola disaat David James masih sibuk merakit pagar betisnya. Chelsea akhirnya menang 3-2 atas West Ham di Upton Park.

Berikan komentar Anda terkait seputar kontroversi Quick Free Kick atau tendangan bebas yang dilakukan dengan cepat, bagaimanakah seharusnya aturan ini diterapkan? apakah fair melakukan tendangan bebas tanpa aba-aba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar