Kamis, 25 Februari 2010

Google Buzz, Saingan Twitter dan Facebook

Hari ini kalo anda buka email anda di gmail.com maka akan muncul informasi menarik seperti ini..

New! Google Buzz in Gmail
Share updates, photos, videos, and more.
Start conversations about the things you find interesting.

No setup needed
You’re already following the people you email and chat with the most in Gmail.

Everything in one place
Follow your friends and get recommended buzz from others — all within Gmail.

Inbox integration
Comments appear right in your inbox so it’s easy to keep the conversation going.

Google Buzz adalah Aplikasi tambahan dari google yang di integrasikan dengan Google Mail. Google Buzz memungkinkan pengguna untuk memberikan semacam status, sharing foto, video, link dan informasi lainnya dengan cukup menuliskan pada kolom status google buzznya.

Tidak hanya itu, sesama pengguna Google Buzz yang sudah terdaftar bisa saling menyapa, mengomentari status, dll.. hmm tau kan Facebook? nah beberapa fiturnya mirip Facebook, dan tentunya ini menjadi saingan berat bagi Facebook dan social network lainnya seperti twitter.

Mau lihat demonya Google Buzz, lihat video dibawah ini..

Google, sebagai perusahaan IT terbesar di dunia, baru2 ini meluncurkan produk baru mereka, yaitu Google Buzz, sebuah cara baru untuk membagi apapun yang kamu anggap menarik, bisa text, foto, video, dan lainnya. Buzz dibangun dengan diintegrasikan di dalam Gmail sehingga kamu tidak perlu untuk melakukan penyetingan apapun. Kamu pun secara otomatis akan memfollow orang2 yang pernah kamu kirimin email atau orang yang sering chat sama kamu.

Dengan berdasarkan pengalaman yang mereka miliki, Google memfokuskan pada bagaimana mereka mengintegrasikan foto, video, dan link. Ga ada lagi yang namanya gambar berukuran kecil. Buzz membuat mudah membolak balik gambar dengan cepat yang bisa dilihat dengan resolusi penuh, dan memainkan video tanpa perlu membuka window baru.

Hampir sama dengan Social Networking lainnya, Buzz juga mengatur privacy dengan baik, seperti apakah sesuatu yang kita post bisa dilihat oleh semua orang atau hanya untuk teman2 kita. Buzz juga mempunyai fitur yang memungkinkan kita dapat mengkoneksikan dengan situs lainnya, seperti Picasa, Flickr, Google Reader, dan Twitter, sehingga teman2 kamu dapat tau apa yang lagi kamu lakukan (atau sebaliknya) di dunia web hanya lewat satu tempat.

Untuk memastikan bahwa kamu ga terlewat dengan update2 temen kamu, Buzz mengirimkan response post kamu ke dalam inbox, tapi tidak seperti email message yang statik. Buzz message di dalam inbox kamu akan seperti sebuah percakapan, komentar / respon akan muncul secara realtime.

Buzz mempunyai fitur untuk merekomendasikan post dari orang2 yang ga secara langsung kamu follow. Klo kamu ga tertarik, tinggal klik “Not interested”. Feedback kamu itu akan jadi bahan buat buzz agar nantinya buzz bisa merekomendasikan post2 yang bener2 kamu anggap menarik.

Buat kamu yang mobile, Google juga menyediakan Buzz lewat hand phone. Jadi klo kamu pengen update apapun yang menarik sedangkan kamu lagi ga di depan komputer, ketik aja lewat aplikasi buzz di handphone kamu. Layanan ini bisa di test loh di iPhone dan Android.

Memang, teknologi Google Buzz mirip-mirip dengan fitur kunci di Facebook atau Twitter. Harapan Google tentu saja agar kian banyak user menggunakan Gmail dan menarik para pemakai Facebook dan Twitter.

Menurut Google Product Manager, Todd Jackson, Google Buzz bakal segera dinikmati seluruh pengguna Gmail. Saat ini, Gmail adalah layanan e-mail terpopuler nomor tiga dunia setelah Windows Live Hotmail dan Yahoo Mai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar